Jumat, 26 Juni 2009

Komdis Keluarkan Kartu Disiplin



Komisi Disiplin PSSI mengeluarkan sebuah inovasi demi mencegah keributan antar suporter di Indonesia. Ide anyarnya tersebut dinamakan Kartu Disiplin Penonton (KDP) yang akan disebar kepada para penonton di stadion.

Bentuk kartu itu mengadopsi fisik kartu kuning dan merah yang biasa dipakai oleh wasit. Di mana satu sisi berwarna merah dan sisi lainnya berwarna kuning.

Di sisi merah tertulis Komisi Disiplin PSSI, Penegak Disiplin Sepakbola Indonesia dan logo PSSI. Sementara sisi warna kuning bertuliskan sepuluh larangan untuk penonton, yaitu jangan anarkis, jangan rasis, jangan membawa petasan dan benda lain yang membahayakan, jangan menghina, jangan mengintimidasi, jangan menganiaya, jangan suap, jangan rusuh dan jangan melempar.

"Kami ingin agar penonton mempolisikan diri sendiri bagi sesama penonton sepakbola. Selain itu, pembagian kartu ini juga upaya untuk menumbuhkan pemahaman arti penting fair play saat menyaksikan pertandingan," ungkap Ketua Komdis PSSI, Hinca Panjaitan, kepada wartawan di kantor PSSI.

"Jika ada penonton yang disebelahnya melakukan pelanggaran larangan-larangan itu, penonton yang memiliki kartu segera memperlihatkan permukaan kartu berwarna kuning tersebut sebagai tanda peringatan. Dengan demikian ada upaya untuk saling mengingatkan diantara para penonton sendiri," sambungnya.

Partai final Copa Dji Sam Soe antara Persipura Jayapura versus Sriwijaya FC, Minggu (28/6/2009) akan jadi debut KDP tersebut. Rencananya komdis akan membagikan 6 ribu kartu kepada suporter dari kedua tim di Stadion Gelora Jakabaring.

Untuk ujicoba kedua, akan dilakukan di partai playoff ISL, antara Persebaya Surabaya dan PSMS Medan, Rabu (30/6) nanti.

ARTKEL TERKAIT



Bookmark this post:
StumpleUpon Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

;
 

Copyright 2009 All Rights Reserved Magazine 4 column themes by One 4 All